3 Filosofis Tentang Sepak Bola

Sepak bola adalah olah raga paling populer di dunia,baik anak-anak,orang dewasa,maupun orang tua suka dengan sepak bola. Apalagi lagi kalau yang bermain adalah tim-tim papan atas yang memiliki segudang pemain bintang dunia seperti Barcelona, real Madrid, juventus, dan lain sebagainya. Dilansir dari berita sepak bola, olah raga yang populer ini tetapi juga memiliki makna filosofis yang bisa kita ambil sebagai pelajaran seperti :

  • Sepak Bola Adalah Olah Raga Yang Mengandalkan Kerjasama Tim (Team Works)

Di dalam permainan sepak bola yang terdiri dari 11 pemain dibagi menjadi 4 posisi pemain,yaitu penjaga gawang,pemain belakang,pemain tengah,dan pemain depan.Semua posisi mempunyai perannya masing-masing dan tidak boleh mengambil posisi lainnya,karena jika demikian tim akan kacau yang akhirnya akan mengalami kekalahan.Dan setiap pemain harus kerjasama tidak boleh sendiri-sendiri,sebagus apapun pemain tetapi kalau tidak kerja sama dengan pemain lainnya tim tidak akan bisa mengalahkan tim musuh sebalikny tim kita akan mengalami kekalahan.

Fair Play

Dalam olah raga terutama sepak bola selalu didengungkan untuk bermain fair play,artinya setiap pemain harus bermain sesuai aturan tidak boleh seenaknya,dan setiap pemain harus selalu menghormati pemain tim lain sehingga tidak mencederainya.Begitu juga setiap pemain harus menghormati setiap keputusan wasit walaupun itu terasa merugikan tim kita.

Sportif

Artinya kita harus lapang dada dalam menrima hasil apapun,jika tim kita menang boleh kita bergembira tetapi tidak merendahkan tim yang kalah,tetapi jika tim kita kalah kita harus menerimanya dengan lapang dada dan mengucapkan selamat kepada tim yang menang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *