Walaupun lebaran masih lama, sekitar 3 bulan lagi. Namun gaungnya sudah terasa pada saat ini, Terutama soal mudik. Karena biasanya orang jauh-jauh hari sudah memesan tiket mudik, baik itu tiket pesawat, kereta api, kapal laut, dan sarana transportasi darat lainnya. Dan biasanya para agen penjual tiket online selalu melakukan promo tiket mudik lebaran, untuk menarik para pembelinya. Nah untuk itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara memilih tiket mudik lebaran menggunakan pesawat sebagai berikut :

  1. Membeli Tiket Pesawat Lebih Awal

Salah satu cara untuk mendapatkan tiket murah saat lebaran tidak adalah dengan cara membeli tiket lebih awal, dan anda bisa memulai memburu tiket sekitar 50-60 hari sebelum hari raya. Menurut data Kementerian Perhubungan, sekitar 55% pemesanan tiket pesawat terjadi pada rentang waktu 30-60 hari sebelum lebaran dan tidak kurang dari 90% tiket penerbangan promo ludes dalam hitungan hari. Oleh karena itu, anda bisa mulai untuk berburu tiket promo lebaran mulai dari domestik dan internasional dari berbagai maskapai.

  1. Memilih Maskapai Yang Tepat

Selain jadwal keberangkatan, menentukan jenis maskapai pun dapat mempengaruhi harga tiket loh. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan tarif murah pada maskapai low cost carrier (LCC) jika membeli lebih awal. Dan sebaliknya ketika mendekati hari raya harga penerbangan LCC cenderung lebih mahal, beberapa maskapai LCC di Indonesia yaitu seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Batik air.

  1. Mencari Tiket Online

Di zaman yang serba canggih ini, anda bisa membeli tiket lebaran secara online. Dan biasanya agen-agen tersebut akan menawarkan berbagai promo tiket murah, terutama menjelang lebaran. Tetapi untuk mendapatkan penawaran terbaik, terkadang anda harus mengunjungi beberapa website agen travel dan membandingkan harganya. Selain itu juga, sekarang ini banyak agen-agen yang memiliki fitur tentang info harga. Dengan cara membuka website atau aplikasinya, dan adapun dapat melihat perbandingan tarif harga dari berbagai maskapai dan bisa memilih tiket dengan harga terbaik. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan tiket murah ataupun tidak sedang promo.

  1. Memilih Penerbangan Jelang Dini Hari

Sebagian pemudik biasanya lebih menyukai penerbangan pada siang atau sore hari, padahal beberapa maskapai kerap memberangkatkan pesawat jelang dini hari. Hal ini dikarenakan peminat penerbangan saat itu sedikit, dengan begitu banyak maskapai yang menjual tiketnya dengan harga yang murah. Nah,hal ini bisa dijadikan sebagai kesempatan anda untuk menghemat biaya mudik dan adapaun jangan sungkan untuk memilih keberangkatan paling awal di musim lebaran.

  1. Pesanlah Tiket Dalam Jumlah Yang Sedikit

Biasanya, beberapa maskapi sudah menyediakan promo tiket murah bagi pasangan dan bagi penumpang tunggal. Ketika anda memilij pemesanan dalam jumlah banyak, makan nominal hargapun akan berubah atau akan tertulis keterangan sould out. Dan sebaliknya, jika saat pembelian satu atau dua tiket maka akan muncul penerbangan yang sama mulai dari maskapai, jadwal keberangkatan, hingga rute penerbangan.

  1. Melakukan Pemesanan Tiket Di Malam Hari

Sekitar 63% calon penumpang pesawat melakukan pemesanan tiket secara online, dan separuh dari jumlah tersebut kerap memesan tiket mulai dari pagi hari hingga menjelang malam hari. Jadi, sangat sedikit orang yang akan berburu tiket saat tengah malam hari. Dengan begitu, kesempatan ini bisa anda gunakan untuk mendaparkan tiket murah dan beberapa maskapai LCC bisanya membuka penjualan promo tiket pada pukul 23.00.

Itulah beberapa tips yang bisa disampaikan kali ini semoga bermanfaat.